Minggu, 20 Januari 2013

RPP B.jawa kls IV KD 1.2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan                  : SDN  SUKOREJO  I  Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk
Mata Pelajaran                        : Bahasa Jawa
Tema                                       : Pendidikan
Kelas / Semester                      : IV/Genap
Alokasi Waktu                        : 2 X 35’   (1   pertemuan)
Standar Kompetensi               :          1.          Siswa mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.
Kompetensi Dasar                  : 1.2     Berbicara : Bermain peran
                                                                             Unggah-ungguh basa dalam percakapan
 A.  Indikator
  1. Bermain peran berdasarkan teks dialog (percakapan)
  2. Menggunakan unggah-ungguh basa dalam percakapan (Basa Ngoko dan Krama)
B.  Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah memperhatikan guru membaca pachelaton ”Ingon –ingon”, peserta didik dapat Bermain peran berdasarkan teks dialog (percakapan)
  2. Setelah mendengarkan penjelasan guru tentang unggah ungguh basa peserta didik dapat Menggunakan unggah-ungguh basa dalam percakapan (Basa Ngoko dan Krama)

C.  Materi Pembelajaran
1.  Pachelaton “Ingon –ingon”
2.  unggah ungguh basa

D.  Model/Metode Pembelajaran
-          Model
~        Picture and picture
-            Metode
~        Ceramah
~        Pemberian tugas
~        Tanya jawab
E.   Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Kegiatan
Nilai Karakter Bangsa
Alokasi waktu
Pendahuluan
~        Guru mengucapkan salam
~        Guru memimpin berdo’a
~        Guru mempresensi kehadiran peserta didik
~        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
~        Guru memberika apersepsi
~        Guru membangkitkan semangat belajar peserta didik
Religius

Disiplin
10 ‘
Inti
~        Pesera didik membaca materi
~        Peserta didik membaca pachelaton
~        Peserta didik secara acak menggunakan basa ngoko dan krama.
~        Guru memberika reward kepada peserta didik yang dapat menggunakan basa ngoko dan karma dg benar
Bekerja keras
Rasa ingin tahu



Tanggung jawab
50’
Penutup
~        Guru menyimpul kan materi
~        Guru memberikan test tertulis kepada peserta didik
~        Guru memberikan penilaian terhadap hasil test
~        Guru menyampaikan tindak lanjut
~        Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam

10’
F.   Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber Pembelajaran
  1. Drs. S. Hadi Proyono, J.R sintatik, S.Pd, Drs. Sunardi, Drs. Pakih,S. Adi Sucipto,B.a, 2009, Ngeluri Basa Jawa 4, Surabaya, PT. Temprina Media Grafika
  2. D.S. Andika, Dra Tutik Wiji Lestari, Dra. Sumadi, M. Ndaroe Prasodjo, Drs. H. M. Naim, M.Pd,1996, Trampil Basa Jawa IV, Surabaya, Trijaya Pustakaraya
  3. Elly Dwiana R, S.Pd.dkk, 2009, Wulang Basa piwulang Basa Jawa. Malang, CV. Pustaka Grafika.

Media Pembelajaran
  1. Pachelaton Ingon - ingon
 G. Penilaian
1.                            Prosedur
~               Penilaian Proses
~               Penilaian akhir
2.         Jenis Penilaian
~               Non test
~               Test tertulis
3.         Bentuk Instrumen
~               Non test ( unjuk kerja ) ---  Pedoman penilaian kerja siswa
~               Test tertulis                     --- uraian
4.         Contoh Instrumen
~               Tugas                    : Praktekkan pachelaton “Ingon – ingon”

~               Rubrik Penilaian :
No
Kriteria
Skor
Nilai
1
Berdialog dengan benar dan lengkap
5

2
Berdialog dengan benar tetapi kurang lengkap
4

3
Berdialog dengan kurang benar dan kurang lengkap
3


                                               Skor yang di peroleh
                    Nilai                  =  -----------------------------------  x 100
                                                       Skor maksimal

~               Test tertulis              :

~               Contoh soal
Gantinen ukara ing ngisor iki gawe basa karma alus
1.        Ibu lara wetenge
2.        Bapak mangan sego pecel
3.        Simbah lagi adus
4.        Bude lagi turu ing kamar
5.        Pak dhe ku teko saka Surabaya

~               Kunci jawaban
1.      Ibu gerah madharanipun
2.      Makan dhahar sekul pecel
3.      Simbah nembe siram
4.      Bude nembe sare dhateng kamar
5.      Pak dhe kulo rawuh saking Surabaya

                                               Skor yang di peroleh
                    Nilai                  =  -----------------------------------  x 100
                                                       Skor maksimal

 5.  Tindak lanjut
~                    Bagi peserta didik yang sudah mencapai KKM diberikan pengayaan dan bagi peserta didik yang belum mencapai KKM diberikan remidi
                                                                                   Sukorejo, .................................................
                        Mengetahui                                                                   Guru Bahasa Jawa
                      Kepala Sekolah




                  SITI JUAMAH M.Pd                                                                    SITI JUAMAH M.Pd
                  NIP. 19610301 198201 2 015                                          NIP. 19610301 198201 2 015


CATATAN :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar