RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SDN SUKOREJO
I Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Tema :
Pendidikan
Kelas / Semester : IV/Genap
Alokasi Waktu : 2 X 35’ (1
pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Siswa mampu membaca dan memahami berbagai ragam
teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan
membaca huruf Jawa.
Kompetensi Dasar : 1.3 Membaca: Membacakan
pemahaman
A. Indikator
- Menjawab pertanyan bacaan
- Menyimpulkas isi bacaan
B. Tujuan Pembelajaran
- Setelah membaca bacaan ”Tetesan Getih – getih nopember” , peserta didik dapat Menjawab pertanyan bacaan
- Setelah mendengarkan temannya membaca bacaan ” Tetesan Getih – getih nopember, peserta didik dapat menyimpulkan isi bacaan
C. Materi Pembelajaran
1.
Bacaan ” Tetesan Getih – getih nopember”
D. Model/Metode Pembelajaran
-
Model
~
Picture and
picture
-
Metode
~
Ceramah
~
Pemberian tugas
~
Tanya jawab
E. Kegiatan
Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan
|
Nilai Karakter Bangsa
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
~
Guru mengucapkan
salam
~
Guru memimpin
berdo’a
~
Guru mempresensi kehadiran
peserta didik
~
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
~
Guru memberika apersepsi
~
Guru membangkitkan semangat belajar peserta
didik
|
Religius
Disiplin
|
10 ‘
|
Inti
|
~
Pesera didik
membaca materi
~
Peserta didik menjawab pertanyaan bacaan
~
Peserta didik menyimpulkan isi bacaan
~
Guru memberika reward kepada peserta didik yang
dapat menyimpulkasn isi bacaan dengan benar
|
Bekerja keras
Rasa ingin tahu
Tanggung jawab
|
50’
|
Penutup
|
~
Guru menyimpul kan
materi
~
Guru memberikan
test tertulis kepada peserta didik
~
Guru memberikan
penilaian terhadap hasil test
~
Guru menyampaikan
tindak lanjut
~
Guru menutup
pelajaran dengan do’a dan salam
|
|
10’
|
F.
Sumber dan Media
Pembelajaran
Sumber Pembelajaran
- Drs. S. Hadi Proyono, J.R sintatik, S.Pd, Drs. Sunardi, Drs. Pakih,S. Adi Sucipto,B.a, 2009, Ngeluri Basa Jawa 4, Surabaya, PT. Temprina Media Grafika
- D.S. Andika, Dra Tutik Wiji Lestari, Dra. Sumadi, M. Ndaroe Prasodjo, Drs. H. M. Naim, M.Pd,1996, Trampil Basa Jawa IV, Surabaya, Trijaya Pustakaraya
- Elly Dwiana R, S.Pd.dkk, 2009, Wulang Basa piwulang Basa Jawa. Malang, CV. Pustaka Grafika.
Media Pembelajaran
- Bacaan” Tetesan Getih – getih nopember”
G.
Penilaian
1.
Prosedur
~
Penilaian Proses
~
Penilaian akhir
2.
Jenis Penilaian
~
Non test
~
Test tertulis
3.
Bentuk Instrumen
~
Non test (
penugasan ) --- Pedoman penilaian
penugasan siswa
~
Test
tertulis --- Isian
dan uraian
4.
Contoh Instrumen
~
Tugas : buatlah ringkasan dari bacaan yang berjudul PRAMUKA
~
Rubrik Penilaian
:
No
|
Kriteria
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
Meringkas dengan benar dan sesuai EYD
|
5
|
|
2
|
Meringkas dengan benar tetapi kurang sesuai EYD
|
4
|
|
3
|
Meringkas kurang benar dan kurang sesuai EYD
|
3
|
|
Skor
yang di peroleh
Nilai = ----------------------------------- x 100
Skor maksimal
~
Test tertulis :
~
Contoh soal
Isilah titik
–titik dibawah ini dengan tepat !
1.
Brigadir inggris jenenge....................
2.
Sapa sing ngamuk....................
3.
Sing ora grigih lan miris yaiku....................
4.
Bacaan iku kapetik saka endhi ....................
5.
Pengarange yaiku ....................
~
Kunci jawaban
1.
Brigadir MALABY
2.
Sekutu
3.
Para mudha
4.
Penyebar semangat
5.
Slamet ST
Skor
yang di peroleh
Nilai = ----------------------------------- x 100
Skor maksimal
5.
Tindak lanjut
~
Bagi peserta
didik yang sudah mencapai KKM diberikan pengayaan dan bagi peserta didik yang
belum mencapai KKM diberikan remidi
Sukorejo,
.................................................
Mengetahui Guru Bahasa Jawa
Kepala
Sekolah
SITI JUAMAH M.Pd SITI JUAMAH M.Pd
NIP. 19610301 198201 2
015 NIP. 19610301 198201 2 015
CATATAN :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar