RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan
Pendidikan : SDN SUKOREJO
I Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Tema :
Pendidikan
Kelas / Semester : IV/Genap
Alokasi Waktu : 2 X 35’ (1
pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Siswa mampu menulis karangan dengan berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai
kaidah bahasa dan menulis huruf jawa dengan ejaan yang benar
Kompetensi Dasar : 1.4 Menulis: menuliskan
kalimat
A. Indikator
- Menulis kalimat dengan tembung sarojadan tembung camboran
- Menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa
B. Tujuan Pembelajaran
- Setelah mendengarkan penjelasan guru tentang tembung saroja dan camboran peserta didik dapat menulis tembung saroja dan camboran.
- Setelah mendengarkan penjelasan guru peserta didik dapat menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa
C. Materi Pembelajaran
1.
tembung saroja
2.
tembung camboran
D. Model/Metode Pembelajaran
-
Model
~
Picture and
picture
-
Metode
~
Ceramah
~
Pemberian tugas
~
Tanya jawab
E. Kegiatan
Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan
|
Nilai Karakter Bangsa
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
~
Guru mengucapkan
salam
~
Guru memimpin
berdo’a
~
Guru mempresensi
kehadiran peserta didik
~
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
~
Guru memberika apersepsi
~
Guru membangkitkan semangat belajar peserta
didik
|
Religius
Disiplin
|
10 ‘
|
Inti
|
~
Pesera didik
membaca materi
~
Peserta didik menulis kalimat tembung saroja
~
Peserta didik menulis kalimat tembung wilangan
~
Guru memberika reward kepada peserta didik yang
dapat menulis tembung saroja dan wilangan dengan benar
|
Bekerja keras
Rasa ingin tahu
Tanggung jawab
|
50’
|
Penutup
|
~
Guru menyimpul kan
materi
~
Guru memberikan
test tertulis kepada peserta didik
~
Guru memberikan
penilaian terhadap hasil test
~
Guru menyampaikan
tindak lanjut
~
Guru menutup
pelajaran dengan do’a dan salam
|
|
10’
|
F.
Sumber dan Media
Pembelajaran
Sumber Pembelajaran
- Drs. S. Hadi Proyono, J.R sintatik, S.Pd, Drs. Sunardi, Drs. Pakih,S. Adi Sucipto,B.a, 2009, Ngeluri Basa Jawa 4, Surabaya, PT. Temprina Media Grafika
- D.S. Andika, Dra Tutik Wiji Lestari, Dra. Sumadi, M. Ndaroe Prasodjo, Drs. H. M. Naim, M.Pd,1996, Trampil Basa Jawa IV, Surabaya, Trijaya Pustakaraya
- Elly Dwiana R, S.Pd.dkk, 2009, Wulang Basa piwulang Basa Jawa. Malang, CV. Pustaka Grafika.
Media Pembelajaran
- Kartu kalimat
G.
Penilaian
1.
Prosedur
~
Penilaian akhir
2.
Jenis Penilaian
~
Test tertulis
3.
Bentuk Instrumen
~
Test
tertulis --- uraian
4.
Contoh Instrumen
Test tertulis :
~
Contoh soal
1.
Gaweo ukara ngganggo tembung saroja
a.
Guyub rukun
b.
Jejel Riyel
c.
Tindak tanduk
2.
Gaweo ukara ngganggo tembung camboran
a.
Bibit kawit
b.
Lunga teka
c.
Colong jupuk
3.
Tulisan gawe aksara jawa
a.
Ibu ngendika
b.
Parja ngarit
c.
Ciri wanci
d.
Sulkan ngangsu
~
Kunci jawaban
kreatifitas
siswa
Skor
yang di peroleh
Nilai = ----------------------------------- x 100
Skor maksimal
5.
Tindak lanjut
~
Bagi peserta
didik yang sudah mencapai KKM diberikan pengayaan dan bagi peserta didik yang
belum mencapai KKM diberikan remidi
Sukorejo,
.................................................
Mengetahui Guru Bahasa Jawa
Kepala
Sekolah
SITI JUAMAH M.Pd SITI JUAMAH M.Pd
NIP. 19610301 198201 2 015 NIP. 19610301 198201 2 015
CATATAN :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar