RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan
Pendidikan : SDN SUKOREJO
I Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Tema : Cerita
Lama
Kelas / Semester : IV/Genap
Alokasi Waktu : 2 X 35’ (1
pertemuan)
Standar Kompetensi : 2. Mampu mendengarkan dan memahami ragam
wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang,
drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendengarkan/Nyemak : mendengarkan cerita tokoh wayang
A. Indikator
- Mencatat tokoh-tokoh dan wataknya
- Menentukan latar cerita dengan mengutip salah satu paragraf
B. Tujuan Pembelajaran
- Setelah membaca bacaan ” Raden Antareja” , peserta didik dapat mencatat tokoh-tokoh dan wataknya
- Setelah membaca bacaan ” Raden Antareja” , peserta didik dapat menentukan latar cerita dengan mengutip salah satu paragraph
C. Materi Pembelajaran
1.
Bacaan ” Raden Antareja”
D. Model/Metode Pembelajaran
-
Model
~
Picture and
picture
-
Metode
~
Ceramah
~
Pemberian tugas
~
Tanya jawab
E. Kegiatan
Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan
|
Nilai Karakter Bangsa
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
~
Guru mengucapkan
salam
~
Guru memimpin
berdo’a
~
Guru mempresensi
kehadiran peserta didik
~
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
~
Guru
menginformasikan materi sambil menunjukkan gambar wayang Raden antareja
|
Religius
Disiplin
|
10 ‘
|
Inti
|
~
Pesera didik
membaca materi
~
Peserta didik
mengamati gambar
~
Peserta didik menjawab pertanyaan
~
Peserta didik mencatat nama tokoh
~
Peserta didik menentukan latar cerita
~
Guru memberika reward kepada peserta didik yang
dapat menjawab dengan benar
|
Bekerja keras
Rasa ingin tahu
Tanggung jawab
|
50’
|
Penutup
|
~
Guru menyimpul kan
materi
~
Guru memberikan
test tertulis kepada peserta didik
~
Guru memberikan
penilaian terhadap hasil test
~
Guru menyampaikan
tindak lanjut
~
Guru menutup
pelajaran dengan do’a dan salam
|
|
10’
|
F.
Sumber dan Media
Pembelajaran
Sumber Pembelajaran
- Drs. S. Hadi Proyono, J.R sintatik, S.Pd, Drs. Sunardi, Drs. Pakih,S. Adi Sucipto,B.a, 2009, Ngeluri Basa Jawa 4, Surabaya, PT. Temprina Media Grafika
- D.S. Andika, Dra Tutik Wiji Lestari, Dra. Sumadi, M. Ndaroe Prasodjo, Drs. H. M. Naim, M.Pd,1996, Trampil Basa Jawa IV, Surabaya, Trijaya Pustakaraya
- Elly Dwiana R, S.Pd.dkk, 2009, Wulang Basa piwulang Basa Jawa. Malang, CV. Pustaka Grafika.
Media Pembelajaran
- Gambar wayang Raden antareja
G.
Penilaian
1.
Prosedur
~
Penilaian akhir
2.
Jenis Penilaian
~
Test tertulis
3.
Bentuk Instrumen
~
Test
tertulis --- Isian
4.
Contoh Instrumen
~
Test tertulis :
~
Contoh soal
Isilah titik
–titik dibawah ini dengan tepat !
1.
Asma pepak e Raden antareja yaiku ....................
2.
Ibune raden antareja asmane ....................
3.
Raden antareja iku satriya ing ....................
4.
Panganan lan unjukane pandahawa diweni ....................
5.
Pandhawa diisin – isin karo ....................
~
Kunci jawaban
1.
Raden anantareja
2.
Dewi nagagini
3.
Munggulpamenang
4.
Racun
5.
Dursasana
Skor
yang di peroleh
Nilai = ----------------------------------- x 100
Skor maksimal
5.
Tindak lanjut
~
Bagi peserta
didik yang sudah mencapai KKM diberikan pengayaan dan bagi peserta didik yang
belum mencapai KKM diberikan remidi
Sukorejo,
.................................................
Mengetahui Guru Bahasa Jawa
Kepala
Sekolah
SITI JUAMAH M.Pd SITI JUAMAH M.Pd
NIP. 19610301 198201 2
015 NIP. 19610301 198201 2 015
CATATAN: